Assalamu'alaikum Selamat datang di blog emak-emak muda
Home| Numpang| Nampung| Nampang| Bikin Sendiri| Twitter| Facebook|

Rabu, 28 Desember 2016

ketika yang kedua hadir

Ada yang aneh waktu itu. Sudah lewat 2 hari belum haid. Sudah was-was aja. Biasanya jadwal haidku ajeg di satu tanggal, paling banter maju sehari atao mundur sehari. Ini sudah lewat 2 hari belum datang juga. Ditunggu dulu deh.

Tik tok tik tok

Ditunggu sampai seminggu kok belum datang juga.

Tik tok tik tok

Oke, test pack aja. Pagi-pagi.

Ow ow ow, bergaris dua!!!

Alhamdulillah, astaghfirullah...

Belum puas dengan tes pack, aku periksa ke DSOg. Memastikan bener-bener hamil dan kondisi janinnya bagaimana. Alhamdulillah, normally. DSOg ini sudah langsung kasih lampu merah untuk lanjut menyusui dan persalinan pervaginam. Ah, cukup sekali ini saja pak aku periksa di tempatmu.
Ya, di usia anak pertama 18 bulan, aku positif hamil. Diluar rencana kami. Doa yang kuselipkan diantara sekian banyak doa adalah semoga Allah memberi yang kedua jika anak pertama lulus ASI 2 tahun. Tidak ada yang salah dengan doa ini bukan? Dan memang tidak ada sesuatupun yang hadir tanpa kekuasaan Allah. Demikian juga anak kedua ini.

Inginnya Allah tentu terbaik untuk hambaNya. Inginku hamilnya setelah anak pertama 2 tahun baru hamil ternyata kehendak Allah tidak demikian.

Riwayat melahirkan saecar di kehamilan pertama membuatku tambah takut. Alhamdulillah, tak lama rasa takut, khawatir dan merasa bersalah itu menghinggapi. Pasrah. Minta sama Allah agar tetep bisa menyusui si kakak sampai 2 tahun. NWP pun akhirnya jadi pilihan. Nursing While Pregnant.

Doa selanjutnya adalah semoga kehamilan kedua ini bisa persalinan pervaginam. DSOg pertama langsung aku coret¸ cari DSOg lain yang lebih ngadem-ngademin hati. Periksa ke DSOg kedua ketika ditanya bisa lahiran pervaginam ga dok? Jawabnya, “kemungkinan besar SC lagi, usia sudah ada 30 kan ya? Tapi pervaginam juga mungkin bisa, takdir Allah”. Mendinglah, tapi belum puas juga.
Akhirnya karena memutuskan mau lahiran di Batang, carilah DSOg yang dlu nangani waktu lahiran si kakak. Periksa kehamilan di usia 40 minggu.

“bisa, melahirkan pervaginam. Jaraknya 2 tahun kan ya? Ini posisi janin sudah mapan. Nunggu sampai 41 minggu kalo belum mules-mules juga, bisa langsung SC saja”
Ok sip, DSOg terakhir ini yang jadi pilihan. Oya, waktu usia kehamilan 38 minggu, sempat periksa di DSOg pertama (haha, akhirnya kesitu lagi). Cek posisi janin aja sih. Hasilnya janinnya melintang. Udah mau dibuatin surat rujukan aja tuh sama DSOgnya. Tapi terimakasih, aku mau cari DSOg yang lain aja pak.

Hari-hari terakhir sebelum lahiran itu sempat khawatir bisa persalinan pervaginam ga ya. Doa, doa, doa terus dan ngajak si adek untuk mau persalinan pervaginam.

Akhirnya, di usia kehamilan 41 minggu (2 Juli 2016) pagi perut sudah agak mules. Belum ngeh kalo itu tanda persalinan. Masih dibawa enjoy, jalan-jalan pagi,naik turun tangga. Sengaja sih, karena saking semangat biar bisa peralinan pervaginam. Hari terakhir kalo hari ini belum persalinan pervaginam, kudu siap SC.
Makin siang, nih perut mulesnya makin menjadi. Udah laporan sama abinya ngajak periksa ke RS. Sholat dhuhur juga masih sempat meski dengan nahan mules. Setelah shalat, mbak A minta nenen dan tertidur. Dan perut ini semakin tak karuan.

Akhirnya itu adalah hari terakhir ummi menyusui mbak A.

Sampai RS, sudah bukaan 7 dan sore 16.20 WIB lahirlah adik S lewat persalinan pervaginam. Selamat datang cantik, terimakasih Allah, Kau kabulkan doaku. Terimakasih abi, sudah percaya sama ummi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar