Assalamu'alaikum Selamat datang di blog emak-emak muda
Home| Numpang| Nampung| Nampang| Bikin Sendiri| Twitter| Facebook|

Sabtu, 03 Maret 2012

Soal SMS yang sempat mampir

Sekarang ini, siapa sih yang tak kenal ponsel? Dari anak kecil sampai orang tua, dari abang tukang becak sampe pejabat kantoran, semua kenal ponsel. Meski dengan berbagai fitur yang berbeda, disesuaikan kebutuhan dan tentu saja budget yang tersedia.


Keberagaman orang yang memiliki ponsel ini, banyak pula aneka kejadian yang kurang menyenangkan berkaitan dengan SMS. Tentunya, ini bagi orang yang ga ribut soal subsidi BBM karena masih setia sama SMS. Hehe.  Berikut beberapa kasus tersebut:
1.      SMS tentang hadiah:
Dari +6282191691137
Selamat, no anda resmi diberikan dana bantuan RP 75jt dari HUT PT. SIDOMUNCUL KK Bima Energi edisi Feb 2012. Hubungi Ir. H. Adam 081218529198.
Pelaksana PT SIDOMUNCUL

Komentar:
Ini adalah salah satu contoh SMS yang sempat mampir ke hapeku. SMS semacam ini biasanya dikirim ketika dini hari, dimana seseorang yang membaca SMS ini bisa jadi baru saja bangun tidur dan merasa senang luar biasa karena tiba-tiba mendapat hadiah. Atau malah bisa jadi panik dan segera menghubungi no yang bersangkutan.

Terkadang SMS semacam ini disertai dengan menyebutkan nama salah satu channel TV yang telah menyiarkan berita pemenang hadiah. Ciri yang paling kentara bahwa SMS ini adalah tipuan belaka adalah bila nomor pengirim kita hubungi, bakal ga aktif atau diluar jangkauan service area.

2.      SMS mama minta pulsa
Mbak, ini mama pakai nomor hape teman. Minta tolong mama dikirimi pulsa 10 ribu ke nomor ini, mama sedang di kantor polisi. Tidak usah telpon.

Komentar:
SMS ngasal ini kadang sebutan mama diganti dengan ‘bapak’, ‘tante’, sampe ‘yang’. Pernah suatu ketika aku mendapati SMS serupa dengan sebutan ‘bapak’. Dan saat itu, bapakku sedang perjalanan luar kota. Sempet panik juga. Ada apa bapakku sampe berurusan dengan kantor polisi. Tapi alhamdulillah, akal sehatku masih jalan, kucoba berkirim SMS ke bapak tentang keberadaannya sedang dimana dan segera dibalas sedang di jalan.

SMS seperti ini juga mengandalkan keberuntungan ketika seseorang yang menerima SMS memang tipe panik, bisa jadi langsung aja kirim pulsa. Dan hal itu terjadi pada adik laki-lakiku yang saat itu sedang kerja praktek di Ambon. Tanpa berpikir panjang, setelah mendapat SMS ‘bapak minta pulsa’, si adek mengirim pulsa 20 ribu. Tertipu telak deh.

3.      SMS transfer uang
Tolong uang dikirim ke rekening BRI aja an SAMSUL AHMAD no Rek 0956-01001624-50-3. Kalo sudah, kirim SMS ya

Komentar:
Pertama menerima SMS ini, aku bingung maksudnya apa. Ternyata ni memang modus penipuan baru yang mengandalkan keberuntungan barangkali ada yang sedang berniat mentransfer uang.

4.      SMS peringatan
Tolong jangan dihapus. Ibu Said (juru kunci Mekkah) ia bermimpi ketemu Muhammad Rosulullah saw beliau berpesan ‘kuatkan aqidah dalam ibadah karena dunia sudah goyah dan tua” sebarkan SMS ini ke 20 muslim insyaallah jangka 10 hari akan dapat rizki besar dan bila tidak disebar, tunggu kesulitan yang tiada henti. Demi Allah terbukti.

Komentar:
Ngeri juga begitu baca SMS ini. Aku teringat dulu jaman aku masih SD (ketauan tuanya, hehe) peringatan semacam itu disebar via kertas, maklum hape masinh disebut sebagai barang langka kala itu. Dan bagi yang menerimanya, dia harus menyalin tulisan serupa ke 10 temannya dan begitu seterusnya bila di kesempatan yang lain dia mendapat tulisan serupa dari temannya kudu menyebar ulang ke 10 teman lagi.

Bisa kau bayangkan jika dalam sehari mendapat 10 kali tulisan serupa karena temannya itu-itu saja, bakal tremor tu tangan atau paling ga kapalannya nambah :D

Dan di kala era mesin potokopian merebak, pesan itu berubah dengan meminta si penerima tulisan untuk menggandakannya pakai potokopi. Kalau metode ini dilakukan, kapalan di tangan ga akan nambah tapi jelas bikin kantong kering.

Untuk sekarang, sebar tulisan itu via SMS dan bisa jadi lama kelamaan via email, chat atau video streaming biar ga kalah gaptek. Hehe.

Bukan ga mungkin kalau percaya pada janji di tulisan itu ("insyaallah jangka 10 hari akan dapat rizki besar dan bila tidak disebar, tunggu kesulitan yang tiada henti") bakal terperangkap pada  dosa syirik akibat percaya pada hal-hal yang belum tentu terjadi. Waspadalah, waspadalah! SMS senada dengan ini yang dikhawatirkan akan terjerumus dalam dosa syirik seperti berikut ini:
Kirim sms ne pada mereka yang menyentuh hidupmu. Pada mereka yang membuatmu tersenyum ketika kamu membtuhkannya. Pada mereka yang membuatmu melihat sisi baik dari segala hal ketika kamu jatuh. Pada mereka yang persahabatnnya kamu hargai. Pada mereka yang begitu berarti dalam hidupmu. Pada mereka yang mengubah hidupmu & jika kamu tidak mengrimnya maka dalam waktu 3 hari hal buruk akan menimpamu

5.      SMS jual pulsa
Pengirim: +6282191691137
Dicari agen baru. Jual pulsa murah
5.000   = 4.500
10.000 = 9.500
20.000 = 19.000
Segera hubungi 081218529198.

Komentar:
Perlu diwaspadai jika nomor contact person dengan nomor si pengirim SMS beda seperti contoh di atas. Ada baiknya, jika memang berniat menjadi agen pulsa, hubungi counter hape terdekat karena biasanya disana juga melayani penjualan pulsa.

6.      SMS tentang MER-C dan Palestina
1). Innalillahi wainna ilaihi roojiun. Baru saja dapat kabar mobil Tim MER-C yang membawa dokter-dokter dari seluruh dunia menuju Palestina dibombardir oleh Israel laknatullah, 19 org mati syahid, insya Allah. 12 org Dokter Tim MER-C blm ditemukan. Mhn doanya dari semua mu’min/mu’minah.

2). YAYASAN MER-C: Rakyat Palestina sangat butuh bantuan. Mari kita sumbang rakyat Palestina. Sumbangan bisa dikirim ke BANK MANDIRI No. Rek. 1300010623505, a/n. Maryuni.

Komentar:
Kedua info dari SMS tersebut adalah info yang menyesatkan. Ada baiknya jangan mudah percaya dan harap mengecek terlebih dahulu setiap informasi terkait MER-C ke 021-3159235 atau 0811 99 0176.
Informasi kegiatan MER-C dan Nomor Rekening MER-C yang benar juga dapat dicek di www.mer-c.org.

Sekian analisa dari beberapa SMS yang sempat mampir ke hapeku. Mungkin banyak lagi SMS lain yang bisa bikin rusuh suasana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar