Assalamu'alaikum Selamat datang di blog emak-emak muda
Home| Numpang| Nampung| Nampang| Bikin Sendiri| Twitter| Facebook|

Jumat, 09 Januari 2015

MPASI Afiza 6 - 7 bulan

Salah satu cara memperhatikan gizi anak saat MPASI adalah dengan diary food. Apa sih diary food itu? Sepaham aku itu semacam catatan apa saja yang udah diberikan ke anak. Bagaimana makannya dan hasil dari makannya alias pupnya serta ada efek alergi ga.


Udah jalan 2 bulan ini Afiza MPASI yang diberikan pakai metode food combining spesial buatan uminya.Awalnya pengen banget pakai metode BLW tapi apa daya uminya kerja dan kalau ARTnya diminta pakai metode BLW yang belum jamak dipakai disini ikutan khawatir kalau ga ada makanan yang masuk. Tapi lebih dari itu, kurang sabar kali ya kalau harus nungguin Afiza duduk di kursi bayi dan berantakin makanan. Karena makan sendiri, bayi kan cenderung mengeksplore makanan, bahasa halusnya membuang makanan gitu karena bisa jadi ga semua makanan masuk ke mulut tapi jatuh ke lantai.

Dan yang kadang bikin sedih, 2 bulan ini, kalo maem sama uminya masih sering susah, dikunci rapet tuh mulutnya tapi kalo sama ARTnya, semua bisa masuk.
  • SUDAH MAKAN APA SAJA?

    Buah:

    jeruk, pir, apel, semangka, alpukat, , jambu air, pisang, alpukat, mangga, pepaya, bit. Sebenernya bisa dikasih buah plum, melon, jambu air, strawberry, belimbing. Berhubung disini jarang ada atau kalau pas ada, uminya udah terlanjur punya persediaan buah lain yang banyak.

    Sayuran:
    brokoli, kembang kol, buncis, labu siam, baby corn, zucchini, , wortel. Menurut referensi bisa juga dikasih lobak, kacang panjang, seledri, terong ungu, paprika hijau dan timun. Tapi belum sempat maem sayuran2 itu

    Karbohidrat:
    kentang, labu parang, dan gandum (oatmeal) + beras merah, labu kuning, singkong, ubi ungu
    .

    Protein Nabati dan Hewani:

    ikan salmon, kacang hijau. sumber protein yang belum sempat dikasih ke Afiza: kacang merah, daging ayam, daging sapi, tahu, dan tempe. Rencana nanti kalau udah 8 bulan aja.

  • JADWAL MAKAN
    pagi hari Afiza lebih sering makan buah dulu (menganut prinsip food combining bahwa buah lebih baik dicerna saat perut kosong) Dan ga musti puree 1 buah, lebih sering aku mix. Berkeksperimen. sementara siang Afiza biasanya makan karbo+proten atau karbo+sayur, lalu malamnya ditutup dengan karbo+sayur atau sayur+buah 
  •  
  • REAKSI TERHADAP MAKANAN
    Yang paling kelihatan reaksinya adalah ketika Afiza dikasih brokoli, wortel dan bit. Makan brokoli dan wortel waktu masih 6 bulan. Hasil pupnya ada butiran brokoli dan wrtelnya. Katanya sih itu tanda pencernaan bayi belum siap. Padahal sempat beberapa kali aku kasih T.T Kalo buah bit, Afiza jadi kembung. Rewel tuh Afiza dan perutnya bunyi bung bung bung gitu.Pupnya juga berbuih. Search di gugel, untuk wortel, buncis, dan kembang kol juga sebaiknya kalo udah 8 bulan karena dikhawatirkan mengandung nitrat dan bayi belum siap pencernaannya.
     
  • PUP dan SEMBELIT
    Dari pengamatan umminya, makanan yang berefek sembelit untuk Afiza itu pisang penjalalin. Pupnya bisa 2 hari sekali kalo makan pisang itu. Untuk makanan yang lain fine fine aja untuk Afiza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar