Assalamu'alaikum Selamat datang di blog emak-emak muda
Home| Numpang| Nampung| Nampang| Bikin Sendiri| Twitter| Facebook|

Selasa, 13 Januari 2015

Mastitis

Pagi itu tiba-tiba payudara sebelah kiri sakit. Diraba kayak ada benjolan yang yang mengganjal. Diperah juga nggak bisa, dikit tok yang keluar. Udah panik nih, kenappah??? Udah mikir yang nggak nggak ini. Pikiran terburuk ca mamae. Horror banget (-__-)


Habis itu konsultasi sama teman yang kebetulan bidan. Inilah catatan hasil konsultasiku J

Setelah aku cerita kondisiku, ternyata eh ternyata itu namanya mastitis. Semacam ada pembendungan aliran asi sehingga asi menumpuk di payudara dan susah keluar. Malah diceritain ada kasus ibu yang mastitis hingga payudaranya mengeluarkan nanah. Diduga karena si ibu tidak menyusui anaknya yang saat itu usianya  9 bulan. Hoho…

Makanya buibu, ayo semangat memberi asi ke anak hingga 2 tahun. Kompor nih, aku lagi berusaha juga untuk no sufor dan tetap menyusui.

Kemudian, bagaimana cara mengatasi mastitis?
1.      Bersihkan puting
Langkah pertama adalah dengan membersihkan puting dengan air hangat. Lebih baik lagi awalnya dioles dengan minyak zaitun kemudian dilap dengan air hangat. Cara ini sebaiknya dilakukan setiap kita mandi karena bisa jadi ada sisa asi yang mengering di pori-pori putting yang dapat menghambat aliran asi.

2.      Segera susukan asi ke anak
Dengan segera menyusui di bagian payudara yang kena mastitis, aliran asi sedikit-sedikit menjadi lancar, sehingga menghilangkan benjolan yang terasa sakit. Alasan ini juga mengapa kalo menyusui dengan bergantian payudara kiri kanan

3.      Perah asi
Ini alternatif jika anak sudah kenyang tapi masih ada benjolan yang terasa sakit. Jangan lupa sambil dipijat-pijat payudara ke arah puting bagian yang ada benjolannya agar memperlancar keluarnya asi.

4.      Kompres dengan air hangat dan dingin
Untuk melancarkan aliran asi bisa juga dengan cara payudara dikompres air hangat dan dingin secara bergantian

Demikian catatan hasil konsultasiku. Alhamdulillah, setelah menerapkan cara mengatasi mastitis itu, aliran asi jadi lancar jaya dan payudara udah ga bengkak lagi. So, nggak usah buru-buru minum obat jika kena mastitis. Upayakan untuk menyembuhkannya dengan cara di atas. Segera atasi agar tak berlanjut seperti si ibu yang sampai payudaranya mengeluarkan nanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar